Berubah dan Berjayalah!

Pada tahun 2015 ini Yayasan Santo Fransiskus yang menjalankan karya pendidikan di tujuh unit sekolah (TK Fransiskus, SD Fransiskus 1, SMP Fransiskus 1, SMA Fransiskus 1, SMK Fransiskus 1, SMA Fransiskus 2 dan SMK Fransiskus 2) genap berusia 50 tahun. Bukanlah sebuah perjalanan yang pendek untuk dapat terus bertahan mendidik dan membina siswa-siswa menjadi bagian dari manusia Indonesia. Dengan usianya yang sudah tidak muda lagi, juga berangkat dari pengalaman menjalankan proses pendidikan selama 50 tahun ini, maka sebagai Ketua Yayasan yang baru, Pater Mateus Batubara, OFM mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar di Persekolahan Santo Fransiskus untuk mau berbenah dan membekali diri secara progresif, beradaptasi dengan kemajuan zaman pada saat ini untuk mencapai Sekolah Santo Fransiskus yang lebih baik.

Peserta Seminar Manajemen Berbasis Sekolah

Peserta Seminar Manajemen Berbasis Sekolah

Hal itu dinyatakan oleh Pater Mateus Batubara, OFM dalam MOTO peringatan lima puluh tahun Yayasan Santo Fransiskus : BERUBAH dan BERJAYAlah (MB,2015). Berangkat dari pernyataan itu, maka mulai tahun 2015, banyak dilakukan berbagai macam kegiatan, yang ditujukan untuk pembenahan dan pembekalan Sumber Daya Manusia yang terlibat di dalam proses belajar mengajar di Sekolah Santo Fransiskus. Adapun kegiatan tersebut berupa penelitian assessment, merekonstruksi job discription/job responsible, penyusunan Standard Operational Procedur dan penyusunan Key Performance Indicator sebagai upaya pembenahan sistem managerial organisasi sekolah. Selain itu juga dilakukan kegiatan pembekalan dalam bentuk seminar, pelatihan serta pendampingan untuk membekali seluruh Sumber Daya Manusia ; baik tenaga pendidik maupun tenaga nonkependidikan agar mengacu pada MOTO : BERUBAH dan BERJAYAlah (MB,2015).

Ketua Yayasan, P. Mateus Batubara OFM dan Pembicara, Bpk. Sinar Sinurat

Ketua Yayasan, P. Mateus Batubara OFM dan Pembicara, Bpk. Sinar Sinurat

Sabtu (21/3/2015), Yayasan Santo Fransiskus mengadakan Seminar/Workshop MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH dengan tema : “MEMBANGUN BUDAYA JUJUR DAN TERBUKA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN”. Seminar dilaksanakan di Gedung LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT JAKARTA (LPMJ) yang terletak di Jl. Raya BekasiTimur, Km 18, Jakarta. Seminar itu terselenggara berkat kerjasama Yayasan Santo Fransiskus dengan PT. Prime EMSYS Solutia. Seminar dimulai tepat pukul 08.30 WIB. Tampil sebagai pemateri yaitu Bapak Drs. Sinar Bornok Sinurat, M.PD. Ketua Yayasan Santo Fransiskus, Pater Mateus Batubara OFM turut hadir di depan sebagai moderator. Dalam penyampaian materinya, Bapak Sinar mengajak semua peserta untuk siap dengan sebuah gerakan perubahan tatkala hendak menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. “Apa saja itu?” tanya beliau kepada semua peserta. Beliau menekankan perubahan di sini berarti meliputi : Mindset (pola pikir), Heartset (pola hati), Actionset (pola tindakan), Educable (mau diajak belajar).

"Pohon Harapan"

“Pohon Harapan”

Tepat pukul 12:30 WIB semua peserta istirahat sejenak sambil santap siang bersama. Setelah santap siang para peserta masuk dalam diskusi kelompok untuk simulasi penyusunan RAPBS. Diskusi menjadi lebih hangat saat masing-masing kelompok tampil ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Seluruh rangkai seminar hari itu berakhir pada pukul 15:30 WIB. (YSF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − six =