Persekolahan Fransiskus Merayakan Hari Guru

Selasa, (25/11/2014) lapangan futsal dan basket di komunitas persekolahan di Jalan Kramat Raya No.67 terlihat ramai. Siswa-siswi TK, SD, SMP, SMA 1 dan SMK 2 Fransiskus mulai membentuk barisan di sekitar lapangan. Guru-guru, karyawan dan karyawati Yayasan Santo Fransiskus juga tidak mau ketinggalan merapikan barisan memanjang persis di dekat tiang bendera.

Ketika barisan para guru, karyawan dan karyawati serta siswa-siswi telihat rapi barulah pemimpin upacara bendera memasuki lapangan upacara. Pagi itu keluarga besar Yayasan Santo Fransiskus yang mengelola karya persekolahan di dua unit yaitu Unit Kramat dan Kampung Ambon mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru. Upacara bendera di dua unit itu serentak dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Pembina Upacara untuk perayaan itu adalah Romo Mateus Batubara OFM di unit Kramat dan Bruder Aloysius Triyono OFM di unit Kampung Ambon. Perayaan Hari Guru kali ini adalah bentuk kecil dari penghargaan atas jasa-jasa para guru, karyawan dan karyawati yang ada di Yayasan Santo Fransiskus dalam mendidik putra-putri penerus masa depan bangsa. Seluruh komponen yang ada di lingkungan persekolahan merupakan guru bagi setiap peserta didik.

Hal menarik dari rangkaian upacara bendera adalah saat pembagian karangan bunga tangkai dari peserta didik kepada para guru, karyawan dan karyawati. Bunga tangkai yang diberi adalah mawar merah. Satu persatu siswa-siswi yang telah ditunjuk mulai membagikan bunga tangkai yang dimulai dari anak-anak TK, SD, SMP, SMK 2 dan SMA 1. Pembagian bunga diiringi dengan lagu Hymne Guru.

Sesudah upacara bendera satu persatu semua peserta didik berbaris rapi menyalami para guru, karyawan dan karyawati. Kemudian mereka berjalan rapi menuju ruang kelas masing-masing. Pembina Yayasan, Romo Adrianus Sunarko OFM terlihat ikut dalam barisan para murid yang menyalami para guru, karyawan, dan karyawati. Beliau menyempatkan hadir sebagai Pembina Yayasan untuk berbagi kegembiraan bagi semuanya. Peringatan Hari Guru juga masih dilanjutkan dalam Perayaan “St. Francis Gathering” di Taman Impian Jaya Ancol.

Tepat pukul 09.30 WIB dua bis pariwisata yang memuat para guru, karyawan dan karyawati berjalan menuju Ancol. Terlihat tidak ada kesulitan saat dua bis melintasi pintu masuk Taman Impian Jaya Ancol. Semua kemudahan itu adalah berkat kebaikan Sdri. Endang Moerdopo yang juga adalah guru les tari bagi anak-anak TK dan SD. Ia terlihat sibuk mengurusi mulai dari tiket masuk sampai dengan perijinan lokasi pantai. Hari ini keluarga besar Yayasan Santo Fransiskus meninggalkan rutinitas hariannya untuk berekreasi bersama di Ancol. Lokasi yang dipilih adalah tepi pantai yang persis berada di sisi barat McDonald.

Spanduk berwarna biru bertuliskan, “Selamat Datang Para Guru, Karyawan dan Karyawati Yayasan Santo Fransiskus – St. Francis Gathering – Hari Guru, 25 November 2014” yang terikat menggantung di antara dua batang pohon kelapa menyapa semuanya yang turun dari bis. Alunan musik dangdut “sakitnya tuh di sini….” yang ke luar dari Sound System besar seakan isyarat penyambutan rombongan Yayasan Santo Fransiskus. Rombongan mulai mengambil posisi duduk manis di tikar yang sudah digelar dengan rapi. Semua terlihat gembira dan larut dalam acara-acara yang ada mulai dari tukar kado, dinamika kelompok dan tari Jai bersama.

Selain bergembira ria di tepi pantai para guru, karyawan dan karyawati juga menikmati gelombang pantai Ancol di atas perahu kecil yang disewa untuk menyusuri singkat Pantai Ancol. Seluruh rangkaian kegiatan “St. Francis Gathering di Ancol” ditutup dengan santap siang bersama. Setelah mendapatkan jatah makan nasi kotak, semua bebas mengambil posisi untuk makan. Ada yang duduk di tepi pantai sambil makan dan ada juga yang duduk tetap di bawah pohon kelapa. Suasana kekeluargaan dan penuh persaudaraan terlihat di wajah para guru, karyawan dan karyawati.

Pembina Yayasan, Romo Adrianus Sunarko OFM terlihat muncul bergabung dalam kebersamaan. Beliau ternyata masih juga mau menyempatkan dirinya untuk mencicipi suasana kekeluargaan dalam acara “St. Francis Gathering” di Ancol. Tepat pukul 15.00 WIB rombongan satu persatu menuju bis. Rombongan perlahan-lahan meninggalkan kawasan pantai dan berjalan pulang menuju Kramat Raya No.67. (YSF)

Foto-foto Peringatan Hari Guru di Kompleks Sekolah Fransiskus 2014 :

[rev_slider HariGuru2014sekolah]

Foto-foto Acara Gathering di Ancol dalam rangka Peringatan Hari Guru 2014 :

[rev_slider HariGuru2014ancol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − thirteen =