Penanaman Nilai JPIC Di Persekolahan Fransiskus

Persekolahan Fransiskus di Jakarta dalam Raker di bulan Juni 2018 yang lalu telah menetapkan tema program kerja di tahun ajaran 2018/2019 berkaitan dengan aspek Ekologi. Setelah sepanjang tahun yang lau disibukkan dengan program kerja seputar dialog agama dan budaya kini lebih intens memusatkan pada hal-hal seputar lingkungan hidup.

Seluruh pemangku kebijakan di Yayasan dan unit sekolah bersama karyawan-karyawati merumuskan tema program kerja tahun ajaran kali ini dengan rumusan, “Hijau Sekolahku, Hijau Rumahku.” Dalam rangka mensukseskan program kerja itu, persekolahan fransiskus mengundang Bruder Kristoforus Pudiharjo, OFM untuk mensosialisasikan gerakan “urban farming” (pertanian perkotaan).

Bruder yang dikenal dengan sebutan Penggiat Pertanian Organik ini tampil di hadapan ratusan peserta didik, guru dan karyawan pada Jumat, 7 September 2018. Sosialisasi dilakukan di dua tempat yaitu di Sekolah Fransiskus Kramat Raya dan Kampung Ambon, Jakarta Timur. Di Kramat dilakukan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB dan di Kampung Ambon pada pukul 11.30 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Beliau menanamkan nilai-nilai JPIC khususnya aspek Keutuhan Ciptaan pada ratusan peserta didik. Semua diajak untuk menciptakan lingkungan yang hijau baik di sekolah maupun di rumah masing-masing mulai dari membuat pupuk cair organik dan memperkenalkan sistem pertanian hidroponik.

Ratusan peserta didik sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Bruder Penggiat Pertanian Organik ini.

Kontributor : Mateus Leonardus Batubara, OFM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 3 =