Menanamkan Nilai-nilai Kebangsaan Dalam Dunia Pendidikan

Seminar Pendidikan Yayasan St. Fransiskus Jakarta

Awal kata…
Salam pax et bonum…, Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh….
Salam sejahtera untuk kita semua…Om Swastiastu…Namo Budaya…Salam Kebajikan…
Semoga Tuhan memberi kita damai…

Saudari dan saudara yang baik, Ibu, Bapak, para Romo, Bruder, Suster, Orang tua/wali murid, serta para peserta didik sekalian; sebagaimana kita ketahui bersama, setiap tanggal 4 Oktober, liturgi Gereja Katolik merayakan peringatan Santo Fransiskus dari Asisi, sebagai salah satu dari sekian banyak orang kudus yang disegani dari masa ke masa. Berkaitan dengan perayaan Santo Fransiskus dari Asisi, Yayasan Santo Fransiskus Jakarta merayakan pesta pelindung berdirinya Yayasan. Dalam rangkaian peringatan “Francis Day” – “FR Day” yang puncaknya akan dirayakan pada tanggal 4 Oktober 2021; Keluarga Besar Yayasan Santo Fransiskus Jakarta bersama tujuh unit Satuan Pendidikan yang bernaung “di bawah payung” Yayasan Santo Fransiskus Jakarta, menyelenggarakan peringatan  Dies Natalis–nya yang ke-56 tahun. Berbagai jenis acara dikemas secara menarik oleh panitia perayaan hari Fransiskus; diantaranya adalah penyelenggaraan kegiatan seminar pendidikan tingkat Yayasan Santo Fransiskus Jakarta.

Berdirinya Yayasan Santo Fransiskus Jakarta 56 tahun silam, akan sekali lagi menjadi “moment” perayaan kasih persaudaraan bersama Santo Fransiskus Asisi, pelindung Yayasan dan unit-unit Sekolah Fransiskus Jakarta: mulai dari unit TK Fransiskus, SD Fransiskus, SMP Fransiskus, SMA Fransiskus 1 dan SMK Fransiskus 2 di unit Kramat, Jakarta Pusat dan SMK Fransiskus 1 serta SMA Fransiskus 2 di unit Kampung Ambon, Jakarta Timur. Panitia menyelenggarakan kegiatan seminar pendidikan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, orang tua/wali murid. Kegiatan seminar pendidikan ini diselenggarakan pada setiap hari Sabtu selama bulan Oktober tahun 2021; mulai tanggal 16, 23, dan 30 Oktober 2021, pukul 09.00 s/d 12.00 WIB. Kegiatan seminar pendidikan ini  dilaksanakan secara “virtual” (online) melalui link zoom dan secara “live streaming” di channel youtube Yayasan Fransiskus Jakarta.

Para pembaca yang baik, bagaimana kegiatan seminar pendidikan Yayasan Santo Fransiskus Jakarta ini berlangsung? Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan tersebut? Dan bagaimana menariknya kegiatan seminar pendidikan itu? Dalam tulisan ini, penulis hendak membagikan cerita dan gambaran singkat berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan seminar pendidikan Yayasan Santo Fransiskus Jakarta, yang diselenggarakan pada Sabtu 16 Oktober 2021 yang lalu. Kiranya tulisan ini bermanfaat serta menginspirasi para pembaca sekalian.

Berita tentang materi pembahasan tiap sesinya dapat diakses di bawah ini:

“Proses Pembelajaran yang Memerdekakan” – oleh Paulus Tain Tukan, S.Pd.

“Value Tentang Kejujuran” – oleh Br. Siprianus Sina, OFM

Akhir Kata

Demikian informasi singkat tentang acara seminar pendidikan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 yang lalu. Harapan penulis, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian yang membacanya. Salam sejahtera bagi Anda sekalian. Terima kasih, Salam pax et bonum.

Kontributor – Br. Rahmat Simamora, OFM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + seventeen =