Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Yayasan Santo Fransiskus Jakarta

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76, tepatnya tanggal 17 Agustus 2021, keluarga besar Yayasan Santo Fransikus Jakarta mengadakan kegiatan Ngobras (Ngobrol Santai) secara virtual dengan tema “Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan Dalam Dunia Pendidikan”. Acara yang diikuti segenap guru/karyawan, para orangtua dan para siswa dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK ini melalui dua canal. Para orangtua dan siswa mengikutinya melalui live streaming Youtube, sedangkan para guru/karyawan beserta perwakilan orangtua dan siswa mengikutinya melalui ruang Zoom.

Acara Ngobras yang dikemas dengan apik dan menarik oleh Tim IT SMK Fransiskus 1 ini dimulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB. Adapun moderatornya adalah Bapak Yohanes Halek, guru SMK Fransiskus 1 dan narasumbernya adalah Bapak Muhammad Mukhlisin, Kepala Sekolah Guru Kebhinekaan Yayasan Cahaya Guru. Ngobras berlangsung dengan menarik karena selalu diselingi dengan acara berupa vokal group, pembacaan puisi dan tarian dari unit TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Ada dua hal menarik yang di sampaikan oleh Pak Mukhlisin. Pertama, berkaitan dengan konsep pendidikan dari Bapak Pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara. Konsep pendidikan berada dalam tiga wilayah, yaitu pengajaran, pendidikan dan kebudayaan. Pengajaran adalah wilayah dalam mana guru menyampaikan materi atau konten yang sesuai dengan kurikulum untuk mengembangkan segi pengetahuan siswa. Bidang pendidikan berkaitan dengan penyampaian nilai-nilai kehidupan atau value kepada siswa, seperti nilai kebenaran, kejujuran dan keadilan. Kebudayaan adalah wilayah untuk mempersiapkan siswa agar bisa hidup berdampingan dalam keberagaman, seperti saling menghargai, bergotong royong dan bertoleransi.

Kedua, peran pelajar sebagai generasi penerus bangsa.  Dalam menghadapi situasi Pandemi Cocid-19 ini, pelajar hendaknya  memperhatikan perannya:

  1. Menjadi pendengar yang baik
  2. Memahami perbedaan teman kita
  3. Jangan diam jika terjadi kekerasan,bullying, dan perilaku intoleran
  4. Promosi kebaikan, damai dan keadilan
  5. Buat pertemanan baru yang beragam
  6. Buat project bersama

Sebagai penutup acara, Bruder Rahmat Simamora OFM,  Kepala SMK Fransiskus 1 menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara Ngobras: semua guru dan karyawan dari 7 unit di Yayasan Fransiskus, semua orangtua dan siswa, dan tim IT SMK Fransiskus 1.  Juga ucapan terima kasih secara khusus kepada Bapak Muhammad Mukhlisin yang telah membagikan pengalaman menariknya kepada segenap peserta Ngobras.

Semoga kegiatan Ngobras ini semakin menumbuhkembangkan semangat kita dalam menanamkan dan mengghidupkan nilai-nilai kebangsaan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam lingkup Yayasan Santo Fransiskus Jakarta.

Kontributor : Paulus Tain Tukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 9 =