Mengelola Burnout Selama Masa Pembelajaran Jarak Jauh

Sabtu (15/5/2021), Yayasan Santo Fransiskus mengadakan acara workshop yang ke-2 mulai dari jam 09.00 sampai dengan selesai lewat zoom dan channel Youtube Yayasan Fransiskus. Pembicara workshop kali ini Bapak Juster Donal Sinaga, M.Pd (Dosen Universitas Sanata Dharma) dengan tema : Seni Mengelola Burnout Kerja di Masa PJJ. Lebih jauh beliau mengajak seluruh guru, orangtua murid dan siswa-siswi Fransiskus untuk mengaplikasikan pola pembelajaran di era pandemic dengan  berbagai cara yang positif agar suasana kelas terasa hidup dan tidak jenuh. Materi yang disampaikan oleh Bapak Juster Donal Sinaga, M.Pd sangat inspiratif untuk proses pembelajaran peserta didik. Ada beberapa hal yang sangat menarik, antara lain:

Burnout

Sindrom psikologis yang melibatkan kelelahan emosional, depersonalisasi, dan berkurangnya rasa pencapaian pribadi yang terjadi pada pekerja professional yang bekerja dengan orang lain dalam situasi kerja yang menantang. Tips mengelola Burnout, antara lain;

  1. Prioritaskan kesehatan anda,
  2. Ubah cara pandang anda, dan diketahui kapan harus keluar,
  3. Atur ulang harapan dan target anda,
  4. Bangun hubungan dengan lebih banyak dan lebih intens,
  5. Ambil “jeda”
  6. Anda tidak biasa hidup kosong selamanya.

Dampak Burnout, antara lain:

  1. Motivasi menurun,
  2. Kesulitan berpikir,
  3. Prestasi kerja atau nilai sekolah menurun,
  4. Kesehatan fisik bermasalah,
  5. Merasa tidak berdaya atau loyo.

Kegiatan Workshop kali ini amat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan para guru, orang tua dan siswa-siswi Fransiskus.

Kontributor : Kristanto Yogi Kurniawan, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 14 =